Selasa, 09 November 2010

1.Konsep Dasar Sistem Komputer dan Teknologi Informasi

TEKNOLOGI INFORMASI


Definisi Teknologi Informasi :

Teknologi  Informasi adalah sebuah istilah yang mencakup seluruh bentuk teknologi yang digunakan untuk membuat, menyimpan, tukar menukar dan membuat informasi dalam berbagai bentuk/format (business data, voice conversations, images, motion pictures, presentasi multimedia dll, termasuk didalamnya informasi yang belum tersusun dengan rapi). Teknologi yang termasuk didalamnya adalah teknologi telephone/telekomunikasi dan teknologi komputer.


Alter (1999)
Teknologi informasi (TI) sebagai perangkat lunak maupun keras yang digunakan dalam sistem informasi (Alter, 1999).

Turban (1996)
TI merupakan bagian teknis dari sistem informasi yang terdiri dari hardware, software, database, dll. Sehingga TI merupakan salah satu sub-sistem dari sistem informasi (Turban, 1996).

Pengenalan Hardware Komputer

Definisi komputer :
Istilah KOMPUTER diambil dari bahasa latin Computare yang berarti menghitung (to compute atau to reckon).

Komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi-instruksi program yang tersimpan di memori(stored program). (Donald H. Sanders)



Menurut  buku “Computers” Fourth Edition (Larry Long dan Nancy Long)
Komputer adalah sebuah alat elektronik yang dapat menterjemahkan (interpret) dan mengeksekusi perintah-perintah yang terprogram sebagai input, output, perhitungan dan operasi logika. Komputer secara teknikal sangat komplek tetapi secara konsep cukup sederhana.


Sistem Komputer :
Supaya komputer dapat digunakan untuk mengolah data, maka harus berbentuk sistem komputer (Computer System)
Sistem adalah kumpulan elemen-elemen yang saling berhubungan, membentuk satu kesatuan untuk melaksanakan suatu tujuan pokok dari sistem tersebut
Tujuan pokok dari sistem komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi

Elemen-elemen dari sistem komputer adalah:
Hardware(Perangkat Keras) adalah peralatan di sistem komputer yang scr fisik terlihat dan dapat dijamah.
Software(Perangkat Lunak) adalah program yang berisi perintah-perintah untuk melakukan pengolahan data.
Brainware adalah manusia yang terlibat di dalam mengoperasikan serta mengatur sistem komputer.

Komputer Berdasarkan Golongan :
     A.General Purpose Computer :
                     Sesuai dengan istilahnya, jenis komputer ini dibuat untuk keperluan pemecahan berbagai jenis masalah. Merupakan komputer yang dibuat untuk keperluan secara umum, sehingga komputer tersebut dapat digunakan untuk mengerjakan berbagai macam pekerjaan sesuai dengan kemampuan dan usernya. Personal Computer merupakan salah satu contoh dari kategori ini. 

Gambar General Purpose Computer

   
      B.Special-purpose Computer :
                  Komputer jenis ini dibuat untuk pengolahan data yang spesifik, misalnya accounting, dalam suatu kegiatan bisnis. Jadi,komputer ini tidak dapat digunakan untuk memecahkan permasalahan lain.


                Special purpose computer berarti komputer untuk keperluan khusus. Komputer ini dirancang hanya untuk menyelesaikan suatu masalah tertentu. Perangkat yang ada pada komputer ini, baik komponen input,output,pemroses serta softwarenya telah dirancang untuk keperluan tersebut. Biasanya software yang mengendalikan proses sudah berada langsung pada sistem. Contoh dari Special Purpose Computer ini adalah komputer yang digunakan untuk kasir pada supermarket.



                                                           
Gambar Special Purpose Computer


Komputer Berdasarkan Kapasitas:

Micro Computer (Personal Computer)
 Adalah jenis komputer kecil yang dapat diletakkan di meja kerja, atau mudah dipindahkan. Biasanya digunakan sebagai terminal yang terhubung ke dalam sistem komputer besar (network). Termasuk dalam jenis ini adalah desktop (Gambar 1.1), workstation(Gambar 1.2), floorstanding (tower) (Gambar 1.3),  laptop (Gambar 1.4), subnotebook, pocket PC , dan pen PC. 


                                                                                  
Gambar 1.1


 Gambar 1.2

Gambar 1.3
                                                                           

Gambar 1.4
Mini Computer
Komputer yg memiliki daya cukup menengah dan lebih murah dibanding mainframe. Dapat digunakan sebagai workstation atau terhubung dalam jaringan untuk melayani ratusan terminal dan banyak pengguna. Banyak digunakan pada dunia bisnis, universitas, pabrik lab. riset, atau sebagai server.
Gambar Mini Computer


Mainframe
Komputer kategori besar untuk menangani pengolahan data dalam jumlah yg sangat besar dan kompleksDigunakan pada bisnis besar, militer dan scientific.
Gambar Mainframe

Super Komputer
Komputer kategori sangat besar, memiliki daya guna yang bisa mengerjakan komputasi kompleks dengan sangat cepat. Contoh: IBM RS/6000 SP, memiliki 2.000 prosesor.


Gambar Super Computer




Komputer Berdasarkan Data Yang Diolah:

Komputer Digital
digunakan untuk mengolah data kuantitatif (huruf,angka,kombinasi angka dan huruf,karakter-karakter khusus) dan memerlukan bahasa perantara, misalnya Komputer PC dll. Keunggulan dari computer ini adalah memproses data lebih tepat dibandingkan dengan computer analog dan dapat menyimpan data selama masih dibutuhkan untuk diproses.
Gambar komputer digital

Komputer Analog
 yang digunakan untuk mengolah data kualitatif, bekerja secara kontiyu dan bukan data yang berbentuk angka, tetapi dalam bentuk fisik misalnya alat hitung ; arus listrik, temperature, kecepatan, tekanan dan sebagainya.
Gambar komputer analog

Hybrid Komputer
merupakan kombinasi antara komputer analog dan komputer digital. Karena digunakan untuk aplikasi khusus, diperlukan komputer yang lebih cepat dari komputer digital dan lebih tepat dari komputer analog.
Gambar komputer hybrid


Tidak ada komentar:

Posting Komentar